Thursday, March 6, 2008

Karpet Memperindah Ruangan


Karena fungsinya menutup lantai, keberadaan karpet sering diabaikan. Karpet jadi cepat kotor, berdebu, dan bernoda.

Untuk mempercantik interior, seseorang harus seksama dalam memperhatikan apa yang dibutuhkan agar rumah terlihat cantik. Misalnya saja lantai, akan terkesan indah dengan hamparan karpet (permadani).


Namun pemilihan jenis, bentuk dan warna karpet juga tetap harus disesuaikan dengan konsep dan kondisi ruangan.

Sebagai pelengkap interior rumah, karpet biasanya dipasang di ruang tamu atau keluarga. Bagi rumah minimalis sangat banyak pilihan karpet yang mungil.

Tiga Jenis Karpet

Pemasangan karpet tidak harus diletakkan diseluruh ruangan. Agar lebih dinamis dan berwarna cukup meletakkan beberapa karpet saja di sekitar rumah. Misalnya di bawah kursi dan meja ruang keluarga. Maka karpet juga dapat menciptakan suasana yang hangat.
Saat ini banyak beragam jenis karpet yang dipasarkan, mulai dari buatan lokal sampai produk luar negeri. Bahkan kolektor karpet pun tak kalah banyak di Indonesia. Ada tiga jenis karpet yang tersedia, yakni:


Area rugs








Area rugs merupakan karpet berukuran besar. Biasanya berbentuk kotak. Karpet jenis ini biasanya diletakkan di ruang tamu atau ruang keluarga sebagai penghangat.

Runners










Runners dikenal dengan sebutan karpet panjang. Ia berguna sebagai pemandu menuju ruang lain yang bersebelahan. Biasanya, runners dihamparkan di sepanjang koridor serta foyer.

Scatters




Scatters kerap pula dijuluki accent rugs. Sesuai namanya, karpet jenis ini difungsikan sebagai pemberi aksen pada sebuah ruang. Otomatis, ukurannya lebih kecil ketimbang area rugs dan runners. Scatters dapat dipasang di kamar tidur sebagai keset.

Bernilai Seni

Sejak puluhan tahun yang lalu karpet telah menjadi benda seni yang mulai digandrungi kalangan berkantong tebal. Tempat-tempat penjualannya pun masih langka, kecuali karpet modern untuk dekorasi ruangan/lantai.

Karena besar dan lebar, tempat penyimpanan karpet harus luas. Biasanya kolektor menyimpannya dengan cara menggulung atau menumpuk koleksi tersebut.
Karpet juga akan terlihat bernilai seni tinggi jika di tempel di dinding-dinding rumah yang mengesankan seperti sebuah karya seni lukis nan indah. Namun peletakkannya pun harus disesuaikan dengan keluasan ruangan, jangan sampai dengan terpampangnya karpet di dinding ruangan akan membuat ruangan menjadi sumpek.

Untuk menempelnya di dinding sebaiknya pilih karpet dengan ukuran yang kecil atau sedang dan memiliki ukiran yang bernilai seni tinggi agar ruangan terkesan eksklusif.
Tidak perlu mahal, namun tetap memperhatikan eksotika dan keserasian dengan warna dinding maupun furnitur lainnya. Karpet juga akan semakin terlihat menarik di dinding jika ditambahi dengan permainan lighting agar keindahan ukiran karpet akan semakin terlihat.

Karpet Bertema di Kamar Anak

Untuk mendapatkan karpet dengan harga terjangkau, lirik saja bahan wool, akrilik, nylon, atau kombinasi dua bahan tadi. Untuk di rumah, karpet dari benang akrilik merupakan pilihan yang paling cocok.
Karpet juga harus dibersihkan secara teratur. Umumnya kelemahan karpet adalah sering kotor terkena debu. Untuk ini kita memerlukan alat penghisap debu (vacuum cleaner). Jangan memakai peralatan lain karena malah membahayakan.
Agar karpet tetap terlihat bagus dan bersih, simpanlah karpet di tempat yang kering karena jika karpet lembab, itu akan membahayakan yang menyebabkan karpet bisa rusak atau bolong-bolong.
Jika Anda suka mengkoleksinya juga, peliharalah kondisi ruang penyimpanan dari serangan serangga atau tikus. Rajin-rajinlah memeriksa keadaan karpet dari udara dan serangga.
Fungsi karpet sendiri adalah untuk menjaga agar lantai tetap hangat ketika dijadikan alas tidur, alas duduk atau ketika diinjak. Dan selain itu juga karpet dapat memberikan nilai eksotik lain pada interior rumah.

Penyesuaian motif karpet dengan tema rumah dan kondisi ruangan itu sangat penting agar fungsi karpet sebagai pemanis ruangan dapat tercipta.
Selain di ruang tamu dan ruang keluarga, tidak ada salahnya karpet juga diletakkan di kamar tidur utama atau kamar tidur anak.

Peletakkan karpet di kamar tidur juga harus disesuaikan dengan image ruangan. Misalnya pilihlah karpet dengan warna-warna dan gambar yang lucu seperti gambar karakter kartun, Princess, alat tulis, bola, atau bunga-bunga akan sangat cocok dipasang di kamar anak.
Agar lantai tidak terlalu dingin, gunakan karpet plastik atau busa. Hindari memakai karpet bulu karena karpet ini menyimpan debu di rongga-rongganya. Karpet bulu juga menyerap air sehingga membuat ruang lembab.

Dan jika Anda ingin memiliki sebuah foyer mungil, Anda bisa meletakkan selembar karpet berukuran kecil bergaya etnik dibawah lemari kecil. Jangan lupa, letakkan juga kaca atau lukisan di atas lemari.
Agar karpet dapat lebih tahan lama dan bebas debu, sebaiknya disarankan memakai pendingin ruangan agar karpet tetap terlihat bersih.

Peduli Karpet
Bersihkan karpet secara rutin, dengan vacuum cleaner dan cuci minimal setahun sekali. Cuci karpet. Untuk mendapatkan karpet yang bersih luar-dalam, dengan menyewa jasa pencucian karpet, mencuci sendiri dengan pembersih karpet atau menggunakan mesin pencuci karpet. Bila Anda ingin membersihkan sendiri karpet tersebut, semprotkan cairan pembersih dalam satu arah. Sikat dengan spons basah. Setelah mengering, bersihkan sisanya dengan vacuum cleaner. Sebelum menggunakan pembersih karpet sebaiknya cobalah pada suatu area karpet untuk meyakinkan bahwa zat pembersih tersebut tak merusak warna karpet.

Ubah posisi karpet atau furniture di atasnya secara periodik. Agar tidak bosan dilihat dan menampilkan kesan yang berbeda.

Hindarkan karpet dari sinar matahari langsung agar warnanya tak memudar. Jika memungkinkan, tutup karpet dengan kain saat matahari bersinar terik.
Agar karpet tetap wangi, taburkan baking soda di atas karpet, tunggu selama 30 menit, baru kemudian bersihkan dengan vacuum cleaner. Untuk keharuman yang lebih tajam, bilas karpet dengan campuran cuka dan air dengan perbandingan 20-80. Sedangkan untuk noda yang melekat pada karpet, sebisa mungkin segera bersihkan noda tersebut dengan kain putih. Makin lama noda tersebut menempel pada karpet, makin sulit dibersihkan.

Karpet baru biasanya mengeluarkan bau yang kadang mengakibatkan iritasi mata dan pusing pada sebagian orang. Untuk itu saat membeli karpet mintalah pada si penjual untuk mengangin-anginkan dulu karpet tersebut. Sebaiknya, biarkan jendela terbuka dan tutup ruangan sekitar 72 jam setelah pemasangan karpet.
Simpanlah koleksi karpet di tempat kering. Jika lembap karpet bisa rusak atau bolong-bolong. Jaga dari serangan serangga dan tikus.
Karpet dengan bentuk bundar untuk meja bundar biasanya di letakkan di foyer di tengah ruangan.
Karpet dengan bentuk persegi untuk di ruangan dengan sofa dan kursi tamu atau di bawah meja makan.

Model karpet yang saat ini sedang digandrungi adalah karpet dari bulu binatang. (Atus Zahar)
http://ygcarpets.blogspot.com